Artikel

MASIH PANDEMI, DI RUMAH AJA! INI DIA REKOMENDASI FILM BERTEMA POST APOCALYPTIC

horizon zero dawn

Film-film yang mengangkat tema Post Apocalyptic atau pasca kiamat merupakan salah satu tema yang banyak diminati nih Sobat Sultan. Apalagi dalam suasana dan kondisi pandemi seperti sekarang ini. Sobat Sultan mungkin akan semakin hanyut dan terbawa alurnya saat menonton. selain itu film bertema Post Apocalypstic akan sangat seru jika ditonton bersama keluarga di rumah aja.

Sebelum masuk pembahasan film-film post apocalyptic apa aja yang sultan rekomendasiin. Sulltan mau jelasin dulu nih, apa sih Post Apocalyptic itu?

Apa Itu Post Apocalyptic?

nah menurut Wikipedia, Post Apocalyptic adalah subgenre dari fiksi ilmiah , fantasi sains , distopia atau horor di mana bumi (atau planet lain) peradaban runtuh atau telah runtuh. Peristiwa kiamat bisa berupa iklim, seperti perubahan iklim yang tak terkendali ; astronomis, seperti peristiwa tumbukan ; destruktif, seperti bencana nuklir atau penipisan sumber daya ; medis, seperti pandemi , baik yang alami maupun yang disebabkan oleh manusia; akhir zaman , seperti Penghakiman Terakhir , Kedatangan Keduaatau Ragnarok ; atau lebih imajinatif, seperti kiamat zombie , pemberontakan sibernetik , singularitas teknologi , disgenik , atau invasi alien.

Kenapa sih tema ini begitu menarik?

nah menurut sultan jawaban dari pertanyaan ini sendiri adalah berasal dari sifat alamiah manusia itu sendiri yang cenderung selalu ingin tahu terhadap apapun. Maksudnya begini, manusia tentu gak bisa melihat apa yang akan terjadi di masa depan, seperti apa kiamat itu, dan bagaimana terjadinya. Ada ribuan bahkan jutaan kemungkinan jawaban itu, atau mungkin kiamat itu gak ada?. Nah, karya-karya fiksi seperti film bertema ini, dapat menjadi gambaran atau visual yang dapat disaksikan dan mereprentasikan 1 dari jutaan kemungkinan tadi.

Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut sultan rangkum 5 film terbaik bertema Post Apocalyptic

Baca Juga :  VIRAL! RIBUAN IKAN LOMPAT KE DARAT, ADA APA?


Daftar 10 FIlm Bertema Post Apocalyptic Terbaik

 

1. Book of Eli (2010)

Dunia mengalami kekeringan yang sangat parah. Air berharga sangat mahal, bahkan untuk mandi pun harus menggunakan kertas tisu basah. Dunia hancur, peradaban manusia ikut hancur.

Seorang pria dengan kemampuan yang sangat luar biasa melakukan perjalanan sendirian untuk menyampaikan sesuatu yang konon dapat mengembalikan peradaban umat manusia. Namun, di perjalanan, ia dihadang oleh berbagai kelompok, mulai dari perampok hingga kelompok pemburu buku. Diperankan oleh Denzel Washington, kita akan disuguhkan gambaran keadaan dunia yang hancur karena kekeringan dan aksi Denzel yang menawan.

2. Bird Box (2018)

Apa jadinya jika bumi diserang oleh sosok tak kasat mata yang jika dipandang bisa membuat manusia membunuh dirinya sendiri? Menutup mata adalah kuncinya.

Diperankan oleh Sandra Bullock, film ini mengisahkan seorang ibu yang harus mencari tempat perlindungan bagi dirinya dan anak-anaknya dari makhluk tersebut dan dari orang-orang yang memuja sang makhluk. Pencarian tersebut tentu saja dilakukan dengan menutup mata.

3. A Quiet Place Part II (2021)

Sehari setelah menemukan cara membunuh makhluk dengan pendengaran super, keluarga Abbott melakukan perjalanan untuk menemukan penyintas lainnya. Pada akhirnya mereka menemukan kawan lama mereka yang hidup sendirian.

Suatu saat, Regan (anak pertama di keluarga Abbott) menemukan cara untuk menghadapi makhluk tersebut. Ia pun diam-diam melakukan perjalanan berisiko demi hidup normal kembali.

Meskipun merupakan sekuel, film ini menampilkan ketegangan lain yang berbeda dari film pertamanya. Selain itu, ditampilkan pula bagaimana awal mula saat makhluk tersebut baru sampai ke bumi.

4. Mad Max: Fury Road (2015)

Dunia dilanda kekeringan luar biasa karena sumber air dikuasai oleh sekelompok orang yang dipimpin oleh Immortan Joe. Bukan hanya air, mereka pun menguasai berbagai sektor kehidupan, bahkan menjadikan manusia sebagai properti.

Film ini menceritakan perjuangan Max (Tom Hardy) dan Imperator Furiosa (Charlize Theron) untuk mengakhiri tirani Immortan Joe. Disertai dengan adegan kejar-kejaran mobil di padang pasir, film ini sangat seru untuk ditonton di rumah.

Film mengenai dunia yang telah diterpa kehancuran seperti ini memang menarik untuk ditonton, bahkan selalu memiliki penggemarnya sendiri. Disertai dengan cerita yang apik, film-film tersebut tentu menjadi pilihan yang tepat untuk menemani masa PPKM Darurat agar kita betah di rumah.

5. The Road (2009)

Di dunia tahun 2929, seorang ayah dan anaknya menuju ke selatan. Mereka berharap dapat menemukan lingkungan yang hangat dan bisa dihuni karena dunia semakin dingin.

Sang ayah mempunyai sebuah pistol dengan dua peluru yang bisa digunakan untuk bunuh diri jika mereka merasa hidup tidak lebih baik dari mati. Dia juga mengajarkan anaknya untuk hati-hati pada semua orang yang ditemuinya. Mereka bisa membunuh ayah dan anak itu, dan menjadikannya makanan atau melakukan kanibalisme.

6. War of The Worlds (2005)

War of The Worlds diangkat dari kisah klasik karangan H. G. Wells. Bercerita tentang serangan alien yang datang ke dunia, seorang buruh pelabuhan bernama Rey Ferrier (Tom Cruise) berusaha menyelamatkan keluarganya agar tidak terbunuh. Alien ini memiliki kemampuan membunuh manusia dengan death-ray.

Film besutan Steven Speilberg ini menyajikan jalan cerita yang penuh rasa deg-degan. Apalagi kalau melihat bentuk aliennya yang seperti tripod. Film ini juga telah memiliki versi baru yang dibuat oleh BBC dengan konsep cerita yang hampir sama.

7. I Am Legend (2007)

Hidup sendiri, hanya ditemani seekor anjing. Bebas memiliki apa saja karena orang lain tidak ada. Itulah yang dirasakan seorang ilmuwan bernama Robert Neville (Will Smith). Robert gagal menghentikan penyebaran virus kepada umat manusia dan hanya berhasil membuat imun bagi dirinya saja. Tiga tahun dihantui perasaan kesepian, ternyata dia tidak hidup sendiri. Bukan senang, tetapi justru memberi ancaman bagi dirinya.

8. Love and Monsters (2020)

Rela melawan monster karena mutasi berbahaya untuk bertemu sang kekasih. Kurang bucin apa Joel (Dylan O’Brien)? Joel terpisah dari orang tua dan kekasihnya saat berusaha berlindung di ruang bawah tanah. Melawan segala kemungkinan buruk, Joel nekat keluar menghadapi monster untuk menemui kekasihnya yang berjarak tujuh hari dari tempat berlindungnya.

Joel menjadi semangat bagi kamu si bucin yang rela mendaki bukit dan lewati lembah demi kekasih.

You may also like

Read More