Artikel

VIRAL! RIBUAN IKAN LOMPAT KE DARAT, ADA APA?

Viral video ikan melompat ke darat

Beredar Video ribuan ikan yang meloncat ke daratan yang berasal dari banyuwangi. Berdasarkan video yang beredar, lokasinya berada di dermaga VIP Mariana Boom. Fenomena ribuan ikan meloncat ke daratan ini terjadi selama dua hari di pesisir Timur Kota Banyuwangi. Fenomena tersebut sempat terekam dan videonya menyebar luas.

Menurut Dinas Perikanan setempat, hal itu terjadi karena pergantian musim atau ada ikan besar yang mengejar.

Suryono Bintang Samudera selaku Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Banyuwangi menjelaskan bahwa banyak faktor yang bisa mengakibatkan adanya fenomena ikan naik ke permukaan. Di antaranya adalah pergantian musim dan kondisi arus air.

Ia juga menambahkan beberapa kemungkinan seperti pergerakan air dingin yang memiliki masa jenis lebih besar dari dasar menuju permukaan. Atau kondisi air yang tercemar sehingga menyebabkan fenomena ikan terdampar ke daratan.

“kalau dianalisa, kemungkinan besar karena ada ikan besar yang sedang berburu mangsa. contohnya ikan lumba-lumba dan beberapa ikan besar yang hidup di perairan tersebut,” tambah Suryono.

Suryono menyimpulkan bahwa kawanan ikan pemangsa sengaja menggiring ikan-ikan kecil hingga terpojok. Di situ terjadi sebuah gerombolan ikan kecil yang tak terhitung jumlahnya mudah untuk dimangsa. Ikan-ikan kecil selanjutnya mencoba menghindari pemangsa dengan meloncat ke atas permukaan.

Berdasarkan video yang beredar, lokasinya berada di dermaga VIP Mariana Boom. Fenomena ribuan ikan meloncat ke daratan ini terjadi selama dua hari di pesisir Timur Kota Banyuwangi. Fenomena tersebut sempat terekam dan videonya menyebar luas.

 

You may also like

Read More