News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dandim 0506 Tangerang Tinjau Protokol Kesehatan di Pasar Anyar

Dandim 0506 Tangerang Tinjau Protokol Kesehatan di Pasar Anyar



SULSEL INFO ■   Antisipasi kemunculan cluster baru pandemi Covid-19 di fase transisi pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) menuju New normal, aparat gabungan menggelar 'Penegakan Disiplin Mematuhi Protokol Kesehatan (PDMPK)' di kawasan Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (13/6) pagi.

Dandim 0506 Tangerang, Kolonel Inf Wisnu Kurniawan yang memimpin langsung kegiatan mengatakan, yang menjadi sasaran dalam kegiatan itu diantaranya masyarakat yang tidak menggunakan masker pada saat berbelanja serta tidak menjaga jarak (physical distancing).

"Kita Satgas penegakan disiplin, selalu mengingatkan mereka agar selalu menepati prosedur protokol kesehatan yang ada di pasar ini. Seperti kita ketahui, saat ini sudah mulai bermunculan cluster- cluster baru di pasar sekitar kurang lebih 500 orang positif," imbuh Wisnu, seusai meninjau protokol kesehatan di lapak-lapak pedagang.

Hal ini, lanjut alumnus Akademi Militer (Akmil) tahun 1998 itu, disebabkan karena pada saat melaksanakan kegiatan tidak mematuhi protokol kesehatan di pasar, seperti yang terjadi di pasar Babakan yang menurutnya telah ada korban 2 orang positif Covid-19.

"Ada beberapa pasar yang tidak memenuhi protokol kesehatan. Kami dari TNI, Polri dan Satpol PP serta Pemda memberikan edukasi dan pemahaman tentang protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan membawa Hand sanitizer," terangnya.

Lebih jauh, perwira menengah TNI matra darat dengan 'Bunga Tanjung' tiga dipundaknya yang pernah berdinas di perbatasan Indonesia - Malaysia itu mengungkapkan, dalam penegakan disiplin di wilayah teritorialnya, pihaknya menerjunkan ratusan aparat gabungan.

"Untuk cek poin pasar hari ini, kita ada personil gabungan TNI ada 15 orang, Polri ada 10 orang dan Satpol PP 7 ada orang. Kegiatan mereka ini, merupakan kegiatan operasi penegakan disiplin," beber Wisnu didampingi Mayor Inf Deni Suryo AD, Kapten Inf Suroyo, AKP Suyatno, Letda Arh Sarifudin.

"Untuk  wilayah Kodim 0506 Tangerang meliputi Tangerang Selatan, Tangerang Kota ada 600 personil TNI, Polri. Bandara Soetta kurang lebih 500 personil. Kita bersinergi dengan baik, untuk menjelaskan penegakan disiplin," katanya, menambahkan.

Masih di tempat yang sama, hal senada diungkapkan oleh Camat Tangerang, Ahmad Zuldhin Syafi'i yang juga menyebut, dengan adanya cek point pasar merupakan salah satu wujud tindakan dan perhatian Pemerintah dalam mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

"Setiap pasar pengunjungnya berganti-ganti. Supaya tidak menjadi cluster-cluster baru, untuk pelaksanaan Rapid Test yang mempunyai pelaksanaan adalah dari Dinas Kesehatan," pungkas Ahmad, didampingi Kepala PD Pasar Anyar, Ahmad Juhendri.(By)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

loading...

Posting Komentar